sel punca atau stemcell

SEL PUNCA ATAU STEMCELL

 

SEL PUNCA ATAU STEM CELL

 

PENGERTIAN SEL PUNCA

Sel punca atau stemcell adalah sel yang berasal dari jaringan dewasa dengan kemampuan memperbaharui diri dan berdiferensiasi menjadi sel yang sesuai dengan jaringan asalnya.  Walaupun pada umumnya sel punca dewasa hanya menghasilkan satu atau beberapa jenis sel yang berhubungan dengan jaringan asalnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sel punca dewasa juga dapat dmanipulasi untuk menjadi berbagai macam sel lainnya. Definisi lain dari sel punca dewasa adalah sel yang terletak pada jaringan dewasa dan membelah secara otomatis atau karena respon terhadap sinyal regulasi, untuk memproduksi sel-sel yang berperan dalam homeostasis mahluk hidup.

SIFAT SIFAT SEL PUNCA

Salah satu sifat sel punca dewasa adalah mereka dapat diambil dan ditransplantasikan dari individu yang sama sehingga terapi imunosupresi (penekanan sistem imun) dapat dihindari. Berbeda halnya dengan sel punca dari sumber lain yang masih membutuhkan terapi imunosupresi (penekanan sistem imun) untuk menghindari reaksi penolakan dan intoleransi sistem imun akibat dari ketidakcocokkan antara jaringan donor dengan jaringan resipien.

HAL MENARIK TENTANG SEL PUNCA

Sel punca atau stem cell ditemukan pada semua organisme multiseluler dan merupakan sel tidak dideferensiasi yang dapat dideferensiasikan menjadi sel khusus dan juga bisa dibagi menjadi beberapa sel baru. Sel punca mempunyai dua tipe yaitu sel punca embrionik dan sel punca dewasa. Sudah banyak riset dan penelitian yang dilakukan mengenai sel punca dan banyak sekali ditemukan penggunaan atau manfaat baru dari sel punca. Sel punca juga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang belum mempunyai pengobatan sebelumnya.

Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai sel punca yang penting untuk Anda ketahui

1.  Diabetes, penyakit radang sendi rematik, penyakit parkinson, penyakit alzheimer, osteoartritis, stroke dan perbaikan sel otak paska trauma kepala, kelainan belajar, perbaikan syaraf tulang belakang paska cedera, kematian sel jantung, kanker, kebotakan, gigi tanggal, gangguan penglihatan, penyakit crohn dan pemulihan luka merupakan jenis penyakit dan gangguan yang bisa diobati dengan menggunakan sel punca. Ini juga yang menyebabkan mengapa diperlukan biaya yang sangat banyak untuk penelitian sel punca.

2.  Keunikan dari setiap sel punca adalah sesuatu yang membuat mereka spesial dan mengapa banyak peneliti tertarik untuk meneliti. Tiga keunikan dari karakteristik sel punca adalah mereka merupakan sel yang tidak dideferensiasi, mereka bisa diubah menjadi sel khusus dan seperti sel syaraf maupun sel jantung, sel punca bisa dibagi menjadi berbagai bentuk dari sel lain.

3.  Sel punca bisa ditemukan di berbagai tempat di seluruh tubuh. Sel punca bisa dibagi menjadi beberapa tipe seperti tipe sel punca embrionik yang diekstrak dari embrio dan sangat berpotensi karena dapat diubah menjadi bentuk khusus lainnya. Sel punca dewasa merupakan sel punca yang ada pada jaringan tubuh dewasa, misalnya pada sumsum tulang, otak dan darah, tetapi memiliki keterbatasan untuk diubah menjadi sel khusus lainnya. Sel punca tali pusat merupakan sel punca yang diambil dari darah di tali pusat dan merupakan sel punca paling berpotensi untuk mengobati berbagai penyakit.

4.  Ada debat pro dan kontra seputar penelitian dari sel punca embrionik, karena pihak yang kontra menyatakan keraguannya jika pengumpulan sel punca embrionik bisa membunuh potensi dari kehidupan. Tetapi para peneliti tetap melakukan beberapa perbaikan berkaitan dengan hal tersebut, walaupun belum menemukan titik kesuksesan. Pihak yang pro dengan penelitian sel punca embrionik ini berpendapat jika manfaat yang diberikan oleh sel punca tersebut jauh lebih bermanfaat dibandingkan potensi kehidupan. Hal lain yang menimbulkan perdebatan adalah kurangnya transparansi dari proses penelitian. Jika proses penelitian berlangsung lebih transparan dan keuntungan dari penelitian ini jelas terlihat, mungkin akan ada perubahan dari persepsi publik mengenai penggunaan sel punca.

5.  Ketika sel punca dibagi-bagi, maka akan timbul kesulitan untuk mengidentifikasi spesialisasi dari sel tersebut. Ini adalah salah satu kerugian dari terapi sel punca. Tingkat toksik yang tinggi merupakan masalah lain yang harus segera dipecahkan oleh para ilmuwan dalam meneliti sel punca ini.
Sangat penting untuk Anda dan orang lain mengerti tentang apa itu penelitian dari sel punca dan bagaimana potensinya dalam mengobati berbagai penyakit mematikan di dunia ini.

Tags :

UNTUK INFO LEBIH JELAS SULAHKAN HUBUNGI KONTAK DIBAWAH INI..

You may also like...

%d bloggers like this: